Pantai

Friday, September 30, 2016

Ingin Liburan dan dapat Bonus Awet Muda? Ayo kunjungi Taman Narmada Lombok!!





Kulit anda sudah cukup eksotis karena berpergian ke pantai-pantai indah yang ada dilombok, seperti yang saya janjikan di artikel sebelumnya tentang 7 Pantai yang WAJIB dikunjungi saat ke Lombok Tengah bahwa saya akan mengulas tentang tempat wisata-wisata lainnya yang ada di Lombok. Nah, sekarang mari kita berpindah sejenak ke arah Lombok Barat, menikmati sejuk dan kentalnya nuansa kerajaan zaman dulu yang dibalut dalam indahnya sebuah taman.

Ada yang tau nama salah satu taman terbesar di Lombok dengan Legenda Air Awet Mudanya ?
Yup ! Taman Narmada. Taman ini berada di Daerah Lombok Barat, tepatnya di Jl. Ahmad Yani, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat, ini Rute menuju Taman Narmada yang hanya berjarak sekitar 15-20 menit dari Kota Mataram. 

Berikut ulasan mengenai Taman Narmada..



Bagi anda yang khawatir dengan tiket masuk, harga yang ditawarkan sangat-sangat terjangkau untuk dapat masuk dan menikmati seluruh tempat yang ada di Taman Narmada kecuali untuk masuk ke kawasan Kolam Renang yang terdapat di tengah Taman Narmada itu beda lagi tiketnya sekitar Rp. 15.000



Bagaimana ? Sangat terjangkau kan ? Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati keindahan alam yang luar biasa ini. Tujuannya agar mempermudah siapapun untuk bisa datang ke Taman Narmada ini.
Meskipun harga tiket masuknya sangat murah, tapi jangan salah...pemandangan yang ditawarkan sangat bagus dan dijamin bisa menyegarkan hati dan pikiran (buat yang lagi galau..hehehe). Tapi inget jangan datang setelah jam 5 sore ya guys... (karena sudah tutup..hehehe)


Ini adalah sedikit gambaran tentang Taman Narmada dengan beberapa kolam terdapat didalamnya termasuk satu kolam renang untuk anak-anak dan satu kolam renang alami untuk orang dewasa, tentu saja dengan tiket yang berbeda.

Gambar di atas merupakan kolam renang yang terdapat di Taman Narmada, kolam renang di taman ini tidak mengandung kaporit sama sekali karena langsung dari mata air yang sangat dingin seperti air es dan sangat segar, warna hijau kolam tersebut disebabkan oleh warna keramik yang digunakan sehingga terlihat sangat jernih dan sejuk. Sementara untuk kolam renang baik anak-anak dilengkapi dengan satu wahana air. Tidak hanya nyaman untuk berenang tapi anda juga bisa sekedar duduk dipingir kolam karena disediakan berugak atau bahasa gaulnya gazebo yang dapat digunakan secara cuma-cuma.
 


Mengetahui sejarah dari suatu tempat menjadi nilai plus tersendiri karena tidak hanya meningkatkan pengetahuan dan wawasan kita tentang keragaman Indonesia sehingga menumbuhkan rasa cinta terhadap bangsa dan bangga menjadi bagian dari Indonesia yang turut mencintai serta melestarikan peninggalan bersejarah.






Mengulas sedikit tentang sejarah dari Taman Narmada ya guys, nama Narmada diambil dari Narmadanadi, anak Sungai Gangga yang sangat suci di India. Taman Narmada ini memiliki luas kurang lebih sekitar 2 ha (hektar are) dan dibangun pada tahun 1727 oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem, sebagai tempat upacara Pakelem yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau. Maka dari itu apabila anda berkunjung ke Taman Narmada anda akan menemui beberapa bangunan seperti pura dan beberapa bale (rumah) yang merupakan tempat kediaman Raja  dan Permaisuri.



Selain Bale tempat tinggal Raja, anda juga akan menjumpai Bale Penirtaan yang sumber mata airnya berasal dari Gunung Rinjani. Dan perlu diperhatikan buat para cewek yang lagi dapet alias menstruasi, tidak diperbolehkan untuk masuk ke dalam pura. Sudah ada papan peringatannya ya girls... jadi patuhilah peraturan yang berlaku. Setuju??


Sesuai dengan Judul artikel kita hari ini, kita akan membahas tentang air awet muda, nah ini bukan air yang sudah di jampi-jampi oleh mbah dukun yang bisa buat orang awet muda ya guys, tapi ini dikarenakan di Balai Petirtaan ini merupakan tempat pertemuan tiga sumber air, yakni Suranadi, Lingsar, dan Narmada. Karena mata airnya berasal dari Gunung Rinjani dan tempat pertemuan tiga sumber mata air lainnya, maka air yang ada di Balai Petirtaan dipercaya dapat menjadikan orang yang meminum dan membasuh mukanya dengan air di situ akan awet muda.

Ini dia penyebabnya, tapi kembali lagi ini adalah legenda turun temurun yang sudah menjadi kepercayaan oleh masyarakat Lombok, mengenai keberanannya silahkan dibuktikan sendiri. 

Berikut beberapa gambar dari bale-bale yang terdapat di Taman Narmada.






 
Tidak hanya tentang Bale atau Kolam Renang, disini juga terdapat sebuah tempat yang disebut-sebut sebagai dragon stairs atau tangga naga. Hanya berjarak sekitar 7 menit berjalan kaki dari pintu masuk, anda bisa berjalan menuruni tangga kearah kolam renang, kemudian menuruni tangga menuju kolam buatan yang letaknya disebelah kolam renang, menyusuri pinggir kolam sampai menemui jalan kecil diantara pepohonan, jalan terus hingga bertemu dengan gapura kecil dan anda sudah bisa melihat tangga naga.





Well, karena Taman Narmada sangat luas anda pasti akan merasa ingin mengistirahatkan kaki anda sejenak, akan lebih lengkap jika sambil menyantap makanan khas Pulau Lombok yaitu Sate Bulayak yang bisa anda jumpai di taman Narmada salah satunya di pinggi kolam saat menuju ke Tangga Naga.


Hmmm, yummy.. menikmati sate hangat dengan bulayak (lontong) dengan bumbu yang pedas tapi enak dan segarnya perasan jeruk limo diatasnya sambil menikmati suasana sejuk disekitar kolam dan pepohonan di Taman Narmada. Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp. 20.000/porsi nya dan anda sudah bisa menikmati sepiring sate bulayak ini. Tertarik ?




7 comments:

  1. Saya beberapa kali memang sempat kesini. Kebetulan dekat dengan kota hehe menjadi mahasiswa yabg tinggal di mataram membuat keseharian kami tak begitu leluasa untuk beewisata mba. Salam kenak sebelumnya untuk mba admin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas Imron..
      Salam kenal juga ya..
      Mohon dishare postingannya supaya bermanfaat.

      Delete
  2. Replies
    1. Iya, tempatnya emang bagus. Sudah pernah kesini?

      Delete
  3. Makasih gan infonya..
    Share sedikit ya http://zincoxideindonesia.blogspot.com/2018/03/understandingsome-applications-of-zinc.html

    ReplyDelete