Pantai

Monday, September 26, 2016

Daftar 7 Pantai yang WAJIB Dikunjungi saat ke Lombok Tengah ^^


Sudah cukup puaskah menjelajahi keindahan Pulau Lombok? Yakin? Masih ada banyak tempat yang mungkin belum dikunjungi oleh anda para wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Di artikel hari ini saya akan mencantumkan daftar tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi saat datang ke Lombok, khususnya Lombok Tengah.
Untuk kategori nya, kita akan bahas mulai dari pantai dan lokasinya, untuk artikel selanjutnya kita akan bahas air terjun, gili, tempat pemandian hingga bukit yang wajib kalian datangi saat ke Pulau Lombok

Okay, siapa yang pernah upload foto di medsos tentang pantai dan nulis caption "vitamin sea" ? iya iya...
Nih, list tentang Pantai yang ada di LOMBOK Tengah, check it out ^^


1. Pantai Kuta

Seperti yang sudah saya ulas di artikel Menikmati Sunset Indah di Kuta Lombok, Pantai Kuta Lombok memiliki keindahan tersendiri yang tidak kalah indahnya dengan pantai Kuta yang ada di Pulau Dewata, tidak percaya? Berikut beberapa pemandangan indah di Pantai Kuta.





2. Pantai Seger

Seperti namanya ya guys, pantai ini memang menyegarkan mata dan menyegarkan hati para wisatawan yang datang ke sini untuk berwisata, karena dari pantai seger kita dapat meliat keindahan pantai kuta dan pantai seger sekaligus. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 5-10 menit dari pantai kuta. pantai ini juga berdekatan dengan Pantai Tanjung Ann dan Batu Payung. Saat dipertigaan yang terdapat petunjuk arah ke Pantai Ann, anda bisa belok ke kanan untuk mengunjungi pantai ini terlebih dahulu sebelum mengunjungi Pantai Tanjung Ann maupun Bukit Merese dan Pantai Batu Payung. Bisa dilihat beberapa foto pemandangannya di bawah ini.



Di pantai seger terdapat sebuah jembatan yang terbuat dari bambu yang menghubungkan antara Pantai Seger dan Pantai Kuta, jadi kalian bisa menyebrang dengan menggunakan jembatan bambu ini.

3. Pantai Ann/Tanjung Ann

Kalau pantai yang satu ini sedikit kontrovesi ya guys, bukan karena ada apa-apannya, tapi karena banyak yang menyebut nama pantai ini dengan pantai Ann atau pantai Tanjung Ann, meskipun sebenarnya sama saja. Dari Pantai Ann para wisatawan dapat langsung menikmati 2 tempat dengan nama berbeda yaitu Bukit Merese yang terletak di sisi kanan Pantai Ann dan Pantai Batu Payung yang terdapat di sisi kiri Pantai Ann. Okay, kita akan bahas satu-satu ya guys, jadi tetep scroll ke bawah yaa^^ 
Mulai dari pantai Ann dulu. Hanya berjarak sekitar kurang lebih 15 menit dari pantai Kuta, pantai ini sangat sayang kalau dilewatkan karena selain tempatnya yang indah, ada banyak keunikan dari tempat ini. bisa dilihat beberapa gambar nya berikut ini.


Foto diatas merupakan salah satu ayunan yang terdapat di Pantai Ann Lombok Tengah, di Pantai Ann terdapat  ayunan, yang pertama berada di pinggir pantai seperti diatas dan yang satu lagi berada di laut namun karena air nya dangkal dan jernih, ayunan nya pun mudah dijangkau dan bisa digunakan oleh para wisatawan yang datang untuk bersantai menikmati angin pantai maupun untuk dibadikan dalam bentuk foto.



Ini adalah foto yang diambil dari bawah Bukit Merese dan diseberangnya adalah Batu Payung.


Pemandangan Bukit Merese dari kejauhan yang diambil dari Pantai Ann. Kalau lihat air laut sebening dan sebersih ini, yakin nggak mau berenang? Harus dicoba ya guys..



4. Bukit Merese

Seperti ulasan di atas, Bukit Merese ini letaknnya sama dengan Pantai Tanjung Ann dan Pantai Batu Payung karena bentuknya yang seperti bulan sabit, sisi runcing disebelah kanan merupakan Bukit Merese dan disudut sebelah kiri merupakan pantai Batu Payung, nah sepanjang lekuknya itu lah pantai Tanjung Ann. Bisa dibayangin kan? Kalau penasaran, mendingan langsung aja dateng..



Ini adalah kondisi Bukit Merese saat musim hujan dan musim gugur panas, yang satu fotonya hijau banget, adem banget, tapi yang satunya lagi gersang dan kering. kalau anda lebih suka yang mana? meskipun gersang dan terlihat tandus namun tetap eksotis berpadu dengan birunya warna laut.


 

sumber : anang aremania

 4. Batu Payung

Kalau mendengar namanya, saya yakin anda pasti membayangkan sebuah batu yang berbentuk seperti payung. Yup! Betul sekali. Batunya memang mirip seperti payung, kecil dibagian bawah dan besar dibagian atasnya. Dan batunya tinggi banget loh...
Nggak percaya?  Yuk mari ceki-ceki fotonya...


  

Ini adalah beberapa pemandangan yang akan para wisatawan jumpai saat berjalan menuju batu payung yang terletak diujung pantai. Tebing dan bebatuan yang sangat indah menjadikan perjalanan yang cukup jauh tidak terasa melelahkan, karena kita berjalan memutar mengitari bukit untuk menjangkau batu ini, disisi kanan terdapat bukit yang menyuguhkan indahnya tebing, sementara di sisi kiri kita akan melihat hamparan laut, pantai dan karang yang indah.

sumber : anang aremania

sumber : anang aremania

Ini dia penampakan batu payung yang beraada di ujung pantai, sekedar informasi ya guys, bagi kalian yang ingin melihat batu nya secara utuh seperti yang ada di gambar diatas, disarankan agar datang ketempat ini dipagi hari atau sore hari, karena bila datang atau tiba disini saat siang hari bagian bawah dari batunya akan tergenang oleh air laut dan akan sulit untuk bisa mengakses jalan ke batu ini. 

5. Pantai Mawun

Pantai ini juga sudah sempat saya ulas dengan detail di artikel Pantai Mawun , bagi yang ingin mengetahui secara detail tentang pantai mawun dapat membaca diartikel tersebut. Pantai Mawun ini juga terletak di Lombok Tengah namun memiliki rute yang berbeda dengan Pantai Kuta dan Pantai sederetnya seperti pantai Seger, Pantai Ann maupun Pantai Batu Payung. Letaknya yang cukup tersembunyi membuat pantai ini belum terlalu banyak di kunjungi karena kurangnya petunjuk arah menuju lokasi pantai cantik ini. Berikut beberapa gambar Pantai Mawun.




  6. Bukit Tunak

Meskipun judulnya adalah bukit, namun tempat yang satu ini juga memiliki Pantai yang indah meskipun luas pantainya tidak seluas pantai kuta atau pantai Ann, namun cukup luas kalau hanya ingin berjemur di pantai atau sekedar bemain air laut, pantainya sendiri memiliki ombak yang tinggi dan kuat serta dasar laut yang dalam, jadi kalau anda mau berenang, pastikan anda cukup ahli ya.. demi keamanan. 
Akan tetapi, letaknya cukup jauh dan cukup terpencil, namun mengenai akses jalannya sendiri bisa dilalui oleh motor dan mobil, namun untuk mobil sepertinya anda harus memarkirkan mobil cukup jauh dari pantai dan bukitnya karena akses jalan terbatas berupa lahan tananh kosong dengan kondisi kurang mendukung untuk dilalui oleh mobil maupun bus.
Ditempuh sekitar 1 jam 45 menit dari Mataram. Rute menuju Bukit Tunak 
cukup dengan membayar tiket masuk 10 ribu menuju kawasan Bukit Tunak dan membayar 15 ribu untuk masuk ke kawasan Wisata Bukit Tunak. berikut beberapa gambar bukit tunak.









Anda bisa menjumpai beberapa bukit-bukit batu kapur yang ada ditengah laut di Bukit Tunak, di Bukit Tunak juga terdapat satu menara setinggi kurng lebih 25 meter yang dapat digunakan oleh para wisatawan yang datang untuk melihat keindahan alam di Bukit Tunak, tapi pastikan anda bukan pribadi yang takut akan ketinggian atau memiliki phobia ketinggian. Jangan abaikan keselamatan demi mendapatkan hasil jepretan yang bagus. Nyawa gak ada cadangannya ya guys, gak ada yang jual juga di supermarket. 

7. Selong Belanak

Last but not Least, ini adalah salah satu pantai surga buat pecinta surfing, bagiamana tidak, dengan pemandangan eksotis dengan bukit-bukit landai disekitar pantai, pantai yang luas, ombak yang besar namun bersahabat memang seolah dikhususkan buat para surfer. Pantai ini adalah Pantai Selong Belanak, Belanak ya guys bukan beranak. hahaha


Pantai Selong Belanak berjarak tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta, hanya sekitar 1,5 jam dari Kota Mataram (seperti ke Mawun) namun dengan rute berbeda. Anda bisa menjumpai pedagang bermodal warung kecil dari bambu menjajakan dagangannya sepanjang pantai.


bagimana ? sudah terbukti kan ? akan lebih lengkap jika anda langsung datang dan menikmati keindahan Pantai Selong Belanak secara langsung dan jangan lupa mengabadikan momen indah anda bersama teman dan keluarga di tempat ini ya guys.  



Tidak hanya pemandangan siang harinya saja yang menggugah hati untuk berdiam diri berlama-lama disini, tapi juga sunset nya yang sangat indah yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.


Well, itu adalah 7 pantai yang wajib para wisatawan kunjungi saat berwisata ke Lombok terutama Lombok Tengah. Suka yang mana? Atau suka semuanya??
Semoga ulasan diatas dapat menambah referensi dan dapat menambah list tempat pariwisata yang akan anda kunjungi bersama teman-teman maupun bersama keluarga anda. Dan saya mau berterimakasih buat teman-teman saya yang sudah baik hati membagikan foto-fotonya untuk dipost di blog saya.

Buat para traveler dari luar daerah, pastikan anda menyiapkan segala perlengkapan dengan baik seperti tiket pesawat, barang bawaan yang dibutuhkan, dan juga hotel agar liburan anda menjadi lebih berkesan dan menyenangkan. Oleh karena itu, agar tidak buru-buru dan liburan anda bisa well organized, saya sarankan anda menentukan dan booking hotel jauh-jauh hari.
Bingung mau pilih hotel di Lombok? Saya tidak bosan-bosannya merekomendasikan Golden Palace Hotel Lombok sebagai akomodasi anda, karena memang terbukti hotel yang nyaman dengan fasilitas terlengkap dan up-to-date yang di Mataram cuma Golden Palace Hotel Lombok . Saya jamin deh istirahat anda bersama keluarga menjadi lebih berkesan, karena tidak hanya dimanjakan dengan pemandangan alam yang luar biasa tapi juga tempat peristirahatan yang bersih, nyaman, dan pelayanan yang luar biasa baik. Nah, bagaimana cara booking nya? Nggak pake ribet dan nggak pake lama, anda bisa langsung dengan mudahnya booking (di klik aja ya..) dan pilih tipe kamar sesuai kebutuhan anda.






Pada intinya, kita tidak akan pernah tau kualitas product atau jasa kalau kita tidak pernah mencoba. Jadi, jangan ragu untuk memilih Golden Palace Hotel Lombok sebagai akomodasi liburan anda.

Well, cukup sekian ulasan kali ini guys..
Semoga bermanfaat dan bisa menambah referensi untuk tujuan wisata anda.
Dan jangan lupa ya difollow dan dibagikan ke teman-teman yang lain, karena berbagi itu indah...
Ditunggu kritik dan sarannya di kolom komentar ya^^


2 comments:

  1. nice info...:)
    Tambahan pantai di lombok tengah ada pantai semeti, telawas, munah, mawi dan masih banyak lagi..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Areno..
      Terimakasih atas sarannya.
      Nanti pasti akan diulas tentang pantai yang lainnya..
      Ditunggu ya :)

      Delete